MANFAAT MEMPUNYAI HEWAN PELIHARAAN

MANFAAT MEMPUNYAI HEWAN PELIHARAAN
Mau hidup sehat, tapi tidak mahal? Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkannya. Salah satunya adalah dengan memelihara binatang di rumah kamu. Ya, ternyata memelihara binatang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut manfaatnya memelihara binatang :

Menyehatkan Jantung

Berdasarkan studi yang dipublikasikan American Journal of Cardiology, orang-orang yang punya penyakit parah, lalu memelihara hewan mereka mempunyai kecenderungan jantung yang lebih sehat. Selain itu, sebuah laporan di tahun 2008 juga bilang kalau memelihara kucing bisa menurunkan resiko kematian akibat serangan jantung hingga 40 persen.

Menurunkan Kolesterol

Menurut CDC, punya hewan peliharaan, membuat jantung lebih sehat karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Biasanya cowok yang punya hewan peliharaan, kolesterolnya lebih rendah dibandingin dengan cowok yang tidak punya hewan peliharaan.


Mengurangi Stress

Penelitian dari State University of New York, menemukan bahwa ketika seseorang menderita stress, kadar stresnya akan berkurang saat ditemani hewan peliharaannya.

Menurunkan Tekanan Darah

Dalam penelitian dilakukan oleh University of Missouri-Columbia, mengelus hewan peliharaan selama 15 menit ternyata bisa nurunin tekanan darah kamu hingga 10 persen.

Mencegah stroke

Siapa sih yang mau kena stroke? Coba deh kamu pelihara beberapa hewan peliharaan, pelihara binatang juga bisa membantu memulihkan pasien yang terkena serangan jantung. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Mengurangi Rasa Sakit

Percaya nggak percaya nih, binatang adalah obat pereda rasa sakit terbaik loh. Terutama buat kamu yang sering mengalami migrain atau nyeri otot kronis.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Satu lagi penelitian dari Journal of Personality and Social Psychology yang mengatakan hewan peliharaan bisa membuat pemiliknya lebih berani dan terbuka, karena adanya hewan peliharan ini memberikan dukungan moral dan sosial, juga memberikan banyak manfaat dari segi psikologis maupun psikis.

Meningkatkan Oksitosin

Hanya dengan membelai anjing, Anda akan merasa lebih baik. Ini disebabkan membelai hewan peliharaan akan merangsang sekresi hormon oksitosin dan serotonin dalam tubuh dan menurunkan tingkat stres kortisol. Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Universitas Missouri, Columbia dan dilaporkan dalam MSNBC, menunjukkan bahwa hanya dengan membelai anjing selama 15 menit hingga setengah jam dapat menurunkan tekanan darah sebesar 10 persen.

Melindungi dari Alergi

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Clinical & Experimental Allergy mengatakan di masa mendatang, tingkat risiko alergi anak-anak akan turun jika mereka tinggal dengan hewan peliharaan selama masa bayi. Para peneliti mengatakan, efek perlindungan mungkin karena sistem kekebalan tubuh diperkuat dari alergen dan bakteri yang berhubungan dengan hewan peliharaan.

Tetapi perlu diingat, kita harus tetap memastikan bahwa hewan yang akan dipelihara dan dibawa kerumah adalah hewan yang bersih, sehat, berperilaku baik dan jinak.

MoreBaru diupdate