MANFAAT DAUN JAMBU BIJI

MANFAAT DAUN JAMBU BIJI

Khasiat daun Jambu Biji. 

 
Siapa yang tidak kenal daun jambu biji dan buahnya. Buah yang satu ini sudah sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Di indonesia sendiri ada 2 jenis Jambu biji yang umum yaitu Jambu Biji Merah dan Jambu Biji Putih. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang daun jambu biji dan jambu biji merah karena memiliki kandungan gizi dan manfaat yang lebih banyak daripada jambu biji putih. 

Khasiat Daun Jambu Biji untuk pengobatan alternatif


Ambeien
Ambil beberapa lembar daun jambu biji muda atau pucuknya ditambah sebuah pisang batu, cuci bersih kedua bahan tersebut, pisang batu tidak perlu di kupas dan tumbuk keduanya lalu peras air, air perasannya di tampung lalu di minum. Lakukan setiap hari secara teratur, walaupun rasa sakit sudah hilang tetap minum air tersebut supaya benar benar sembuh.

Perut kembung pada anak anak
Ambil 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar, rebus dengan 2 cangkir air bersama 1/2 ruas jari kulit batang pulosari dan 5 butir adas, rebus hingga air tinggal 1 cangkir, sebelum diminum sebaiknya air di saring. Anak berumur 1-3 tahun dapat diberi cairan ini sehari 3 kali, sebanyak 2 sendok makan, anak diatas 3 tahun sehari 1 cangkir.

Diare dan disentri
Untuk khasiat daun jambu biji yang satu ini kebanyakan orang terutama orang jawa sudah tau. Jamu daun jambu biji bisa diracik sendiri dirumah. Berikut ini adalah resep yang bisa dicoba dirumah:
Ambil daun jambu biji yang masih muda (utamakan yang pucuk), 2-3 lembar saja sudah cukup kemudian cuci bersih.
Daun yang masih muda ini bisa dimakan langsung dengan sedikt garam untuk menyamarkan rasa aslinya atau bisa juga direbus terlebih dahulu. Jika tersedia dalam bentuk teh maka cukup diseduh saja dengan air panas.
Apabila kurang suka dengan rasanya bisa menambahkan madu sebagai pemanis.

Mencegah infeksi luka luar
Sebuah penelitian yang dilakukan di Nigeria, universitas Federal Technology mengungkap khasiat daun jambu biji untuk mengobati luka luar seperti pada luka sayat, benturan, lecet dan lain sebagainya. Kandungan anti bakterinya mencegah infeksi dan kandungan steroid mengurangi peradangan sehingga mempercepat penyembuhan luka. Saat beraktifitas diluar ruangan sedangkan tidak menyediakan obat luka maka khasiat daun jambu biji bisa dimanfaatkan dengan cara mengoleskan tumbukan daunnya.

Menghilangkan jerawat
Petik daun jambu biji yang masih muda saja (pucuk daun jambu biji). Cuci bersih lalu tambahkan air sedikit dan remas-remas daun jambu biji dengan telapak tangan sampai berbusa dan oleskan ramuan daun jambu biji tersebut pada wajah yang berjerawat dan tunggu beberapa saat, kemudian bilas wajah sampai bersih dengan air bersih.

Membersihkan Komedo dan wajah yang kotor
Ambil beberapa daun jambu biji yang masih muda, atau pucuknya, cuci bersih. Kemudian blender dengan air secukupnya. Setelah daun jambu biji diblender dan berubah menjadi cair dan encer, gunakan untuk menscrub wajah Anda yang banyak komedonya.

Sariawan
Rebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 ruas jari kulit batangnya dengan 1 liter air, saring dan minum air rebusan ini 2 kali sehari.

Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan

  • Jambu Biji kaya akan vitamin B3 yang berkhasiat melancarkan peredaran darah dan vitamin B6 yang berguna untuk meningkatkan fungsi sel saraf otak.
  • Jambu biji kaya akan folat yang bermanfaat sebagai salah satu sumber alami bagi kesuburan wanita.
  • Jambu biji merah mengandung lycopene dua kali lebih banyak daripada tomat. Lycopene sendiri ampuh melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari dan melawan kanker prostat.
  • Jus jambu biji juga bisa menajdi pengobatan alternatif saat demam. Pasalnya, jambu biji bermanfaat untuk mengusir bakteri saat demam.
  • Meskipun jambu biji tidak mengandung yodium, namun buah tersebut mampu meningkatkan kesehatan tiroid. Sebab di dalam jambu biji ada senyawa copper yang mengontrol produksi hormon.
  • Membantu mengaktifkan enzim seperti thiamin, biotin, dan asam ascorbic, karena merupakan sumber manganese.
  • Kalium yang terdapat dalam jambu biji berkhasiat dalam meregulasi tekanan darah dalam tubuh. Kandungan ini juga bisa membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam darah.
  • Buah yang satu ini aman bagi penderita diabetes. Pasalnya jambu biji akan membantu gula darah dalam keadaan yang terus stabil.
  • Baik bagi kesehatan pencernaan karena kandungan serat yang tinggi.
  • Vitamin C merupakan antioksidan yang melawan radikal bebas dan mampu menangkal kanker. Seperti yang disebutkan, jambu biji mengandung jumlah vitamin C empat kali lebih banyak dibanding jeruk.


MoreBaru diupdate